• Sabtu, 13 Agustus 2022

Tahun Ajaran Baru, SMAN 1 Leuwisadeng Nyatakan Siap Gunakan Kurikulum Merdeka

- Selasa, 31 Mei 2022 | 05:00 WIB
SMAN 1 Leuwisadeng siap menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru (ILHAM ARY)
SMAN 1 Leuwisadeng siap menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran baru (ILHAM ARY)

PORTAL SIBER - Kurikulum Merdeka masih menjadi topik hangat yang diperbincangkan di dunia pendidikan Indonesia.

Bagaimana tidak, setelah dilakukan uji coba melalui kurikulum prototipe (nama awal Kurikulum Merdeka) pada Sekolah Penggerak, sekolah non-penggerak, baik negeri maupun swasta dianjurkan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kendati begitu, implementasi Kurikulum Merdeka ini belum bersifat wajib. Sekolah akan diberi kesempatan memilih dari 3 pilihan yang disediakan pemerintah.

Baca Juga: Aduh, Kontraktor Proyek Jalan Alfalah Cibinong Rp 5,7 Miliar Dipanggil KPK 

Terkait hal itu, SMAN 1 Leuwisadeng Kabupaten Bogor sendiri memilih implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru 2022-2023.

"Kita sudah melaksanakan In-House Training (IHT) dari administratif sampai pembelajaran sampai dengan modul ajar yang akan dibawa dalam pembelajaran. Jadi, adminiatrasi kita lengkapi sampai menyelesaikan tugas-tugas daripada IHT tersebut," kata Kepala SMAN 1 Leuwisadeng, Dwi Astuti Indriati kepada wartawan baru-baru ini.

Di tempat yang sama, Tata Kurikulum SMAN 1 Leuwisadeng Tati, menyebut, jika melihat perbandingan kurikulum 2013 beban belajar siswa lebih banyak di kurikulum tersebut.

Baca Juga: Setelah Ketua Kadin, Ini 10 Kontraktor Yang Dipanggil KPK Terkait Kasus Ade Yasin

Tetapi, untuk kurikulum yang akan digunakan (Kurikulum Merdeka) itu lebih simpel, efisien dan evektif, dan diharapkan mampu menghasilkan produk anak itu sendiri.

"Tentunya, Kurikulum Merdeka bukan karena alasan ketertinggalan belajar, tetapi mungkin lebih pencapaian anak untuk bisa mencapai tujuan lain," katanya.

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X