• Sabtu, 25 Juni 2022

Peduli Literasi, Komunitas Maca Rempug Jasinga Gelar Perpustakaan Jalanan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:09 WIB
Komunitas Maca Rempug mengadakan kegiatan ngampar buku untuk menumbuhkan minat baca  (ANDI SUPRIHADI)
Komunitas Maca Rempug mengadakan kegiatan ngampar buku untuk menumbuhkan minat baca (ANDI SUPRIHADI)

PORTAL SIBER - Komunitas membaca yang diberi nama Maca Rempug Jasinga (MRJ) menggelar perpustakaan atau ngampar buku di tempat terbuka, di Taman Desa Setu, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini dilakukan akibat masih minimnya minat baca masyarakat, yang menjadi keprihatinan tersendiri bagi sekelompok pemuda asal Kecamatan Jasinga tersebut.

Salah satu penggerak komunitas Maca Rempug Jasinga (MRJ), Cibuy mengungkap, bahwa komunitas yang sudah berjalan lebih dari satu tahun tersebut berawal dari masing-masing anggota yang merasa sadar akan pentingnya sebuah literasi yang bisa menambah wawasan maupun jendel pengetahuan tanpa harus sekolah mahal.

Baca Juga: Terbelit Kasus Ade Yasin, Ini Daftar 10 Pejabat Dan Staf Dinas PUPR Kabupaten Bogor Yang Dipanggil KPK

"Iyah sudah setahun lebih kita ngampar buku. Awalnya sih hanya sebatas komunitas tongkrongan tempat kita diskusi dan berbagi antar kita saja. Tetapi lama-lama kita sadar dan kita belajar berbuat sesuatu yang bermanfaat entah untuk pribadi maupun lainny," kata pria gempal yang akrab disapa Abuy, Rabu (18/5/2022).

Cibuy memaparkan, untuk kegiatan yang diberi nama ngampar buku atau perpustakaan jalanan tersebut, bertujuan menumbuhkan minat baca masyarakat yang dirasakannya sangat memprihatikan, sedang dirinya sendiri menyadari pentingnya akan hal tersebut.

"Iyah kegiatan ngampar buku ini rutin kita lakukan seminggu sekali di tempat yang rame anak-anak, dengan harapan temen-temen kita khususnya generasi kita kedepan mau rajin membaca, cukup kami yang bodoh kalian jangan," bebernya.

Baca Juga: PeWe, Destinasi Wisata Terbaru Di Bogor Barat Tawarkan Paket Wisata Religi

Adapun untuk jadwal kegiatan sendiri, Cibuy mengatakan, setiap hari Selasa sore mereka kerap ngampar buku di depan gelanggang olahraga (GOR) Kecamatan Jasinga, dan hari Rabu di Taman Desa Setu, dimana siapapun bisa membaca buku-buku yang disediakan secara gratis dan bisa meminjamkan.

"Tiap Selasa sore kalau tidak hujan kita di depan GOR, dan Rabu disini siapapun bisa membaca buku-buku yang ada disini dan meminjamnya secara gratis," tukasnya. (***)

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X