• Sabtu, 25 Juni 2022

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

- Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
Imam Ghazali membedakan puasa berdasarkan tingkatan yaitu puasa umum, puasa khusus dan puasa khususil khusus (Youtube)
Imam Ghazali membedakan puasa berdasarkan tingkatan yaitu puasa umum, puasa khusus dan puasa khususil khusus (Youtube)

PORTAL SIBER -  Ulama terkemuka asal Persia, Imam Ghazali membedakan puasa menjadi tiga tingkatan berdasarkan makna dan hakikat puasa.

Nah, disebutkan Imam Ghazali dalam Kitab Ihya’ ‘Ulumuddin, ada tiga tingkatan orang berpuasa yaitu puasa umum, puasa khusus dan puasa khususil khusus.

Baca Juga: Kerap Macet, Jalan Bomang Perlu Fly Over di Persimpangan Jampang

Puasa umum adalah orang yang melaksanakan puasa sekadar memenuhi persyaratan ibadah puasa yaitu menahan lapar, dahaga dan menahan nafsu syahwat saja. Puasa umum ini termasuk tingkatan puasa yang paling rendah.

Lalu puasa khusus, puasa tingkatan ini tidak hanya sekadar menahan diri dari makan, minum dan nafsu syahwat saja. Melainkan juga menahan semua anggota tubuh mereka (pendengaran, penglihatan, ucapan, hingga gerak tangan dan kaki) agar tidak melakukan dosa dan maksiat.

Baca Juga: Belasan Tahun Jembatan Cimapag Kecil, Kini Dibangun Ulang dan Dilebarkan

Kemudian yang terakhir puasa khususil khusus. Puasa ini termasuk istimewa yaitu puasa para Nabi, shiddiqin, muqarrabin dan orang-orang salih para kekasih Allah SWT.

Puasa ini menurut Imam Ghazali tidak saja menahan makan, minum, nafsu, indera saja tetapi hati juga berpuasa dari segala cita-cita hina, mampu meninggalkan urusan duniawi, tetapi hanya fokus kepada Allah Subhanabu wa Ta’ala mengharap ridha-Nya.**

 

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X