• Sabtu, 25 Juni 2022

Jangan Lupa, Tiga Waktu Doa Mustajab di Bulan Ramadhan

- Kamis, 14 April 2022 | 10:38 WIB
Di bulan Ramadhan ada tiga waktu doa mustajab dikabulkan Allah SWT (Youtube)
Di bulan Ramadhan ada tiga waktu doa mustajab dikabulkan Allah SWT (Youtube)

PORTAL SIBER – Ada tiga waktu doa mustajab dikabulkan Allah SWT pada bulan Ramdhan. Pada waktu ini terkadang sebagian muslim lupa.

Nah, tiga waktu doa mustajab telah disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW yakni waktu sahur, ketika sedang berpuasa dan waktu jelang berbuka puasa.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, Kanimsus TPI Medan Bagikan Takjil Gratis

Waktu pertama doa mustajab waktu sahur yang identik dengan sepertiga malam terakhir yang sangat diberkahi. Pada waktu sahur, Allah menurunkan rahmat-Nya dan mengabulkan doa hamba-hamba Nya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tuhan kita Tabaraka wa Ta'ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, "Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni." (HR Al-Bukhari 1145 dan Muslim 758).

Baca Juga: Ada 11 Tanaman Hias yang Dipercaya Masyarakat Sebagai Penangkal Aura Negatif

Ibnu Hajar menjelaskan Hadis di atas dengan berkata: "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32).

Kedua, ketika sedang berpuasa. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR Ahmad 305).

Baca Juga: Ini Tujuan Utama Puasa Menurut Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X