• Sabtu, 25 Juni 2022

Ini Tujuan Utama Puasa Menurut Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi

- Rabu, 13 April 2022 | 05:28 WIB
Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi mengungkap tujuan utama puasa adalah menundukan hawa nafsu (Pixabay)
Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi mengungkap tujuan utama puasa adalah menundukan hawa nafsu (Pixabay)

PORTAL SIBER - Puasa di bulan Ramadhan yang disyariatkan Allah memiliki tujuan utama, selain ketakwaan. Ulama Turki Badiuzzaman Said Nursi dalam bukunya yang berjudul “Misteri Puasa, Hemat, dan Syukur” yang diteritkan Risalah Nur Press, mengungkap puasa untuk menundukkan nafsu amarah.

Puasa yang dilakukan sebulan penuh di bulan Ramdhan disebutkan Badiuzzaman Said Nursi adalah bulan pendidikan atau tarbiyah.

Baca Juga: Sesosok Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Pertokoan Parung

Sedangkan esensi dari tarbiyah puasa kata Badiuzzaman Said Nursi agar jiwa manusia memperturutkan kehendak hawa nafsu dalam segala bidang kehidupan.

“Puasa Ramadhan memiliki banyak hikmah dilihat dari tujuannya dalam mendidik nafsu ammarah, dalam meluruskan akhlaknya, dan dalam menjadikannya menjauhi berbagai perbuatan yang tidak jelas,” kata Nursi dalam bukunya tersebut.

Baca Juga: Cara Awetkan Bawang Merah Hanya Perlu Pengasapan

Nursi menjelaskan bahwa nafsu manusia cenderung lupa kepada jati dirinya. Menurut dia, manusia tidak melihat kelemahan tak terhingga, kefakiran tak bertepi, dan berbagai kekurangan yang terdapat dalam dirinya.

“Ia tidak mau melihat semua itu, tidak mau merenungkan puncak kelemahannya, kondisinya yang akan lenyap, serta berbagai kesulitan yang akan ia hadapi. Ia juga lupa kalau dirinya berasal dari daging dan tulang yang cepat rusak dan hancur,” jelas dia.

Baca Juga: Belum Miliki Ijazah, PKBM Mawar 2 Ikut Sertakan Warga Belajar Ujian Pendidikan Kesetaraan

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X