• Sabtu, 13 Agustus 2022

Kajian Bakda Subuh, Amalan Harian Nabi Muhammad SAW

- Selasa, 11 Januari 2022 | 07:36 WIB
Amalan Harian Nabi Muhammad SAW (rusman siregar)
Amalan Harian Nabi Muhammad SAW (rusman siregar)

 

PORTAL SIBER - Kajian ustadz Yakub, tentang  amalan Nabi Muhammad SAW. Disampaikan pada usai sholat subuh agar menjadi motivasi untuk bisa menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW.Kebiasaan amalan sehari-hari Nabi Muhammad SAW merupakan bagian sunah tentu kita sebagai umatnya agar dijadikan amalan harian ibadah.

Penting, amalam ke 7 harian sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT dan bagian dari menjalankan sunah Nabi Muhammad SAW.

yakni, shalat tahajjud. Salat Tahajjud hukumnya sunnah muakkad rutin dijalankan Rasulullah SAW sepanjang hidupnya.
Allah Ta'ala berfirman: وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا "Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (Surah Al-Isra' ayat 79). Riwayat Al-Bukhari.

Tilawatil Qur'an/tadarus Al,Quran terbit fajar mengawali hari dengan tilawatil Al-Qur'an.
Sebaik-baik membaca Al-Qur'an adalah sebelum fajar. Allah akan memberikan cahaya di alam kuburnya maupun di hari kebangkitan. Allah juga memberikan cahaya pada wajahnya, tangannya, kakinya dengan cahaya Al, Quran.

Bersegera ke Masjid untuk Salat Berjamaah. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW kedatangan seorang lelaki buta. Ia berkata, 'Wahai Rasulullah, aku tidak memiliki seorang penuntun yang menuntunku ke masjid. Maka ia meminta kepada Rasulullah untuk memberinya keringanan sehingga bisa salat di rumahnya. Lalu Rasulullah memberinya keringanan tersebut. Namun ketika orang itu berbalik, Beliau memanggilnya, lalu berkata kepadanya, "Apakah engkau mendengar panggilan salat?' Ia menjawab, "Ya". Beliau bersabda, "Maka penuhilah panggilan azan tersebut." (HR. Muslim) Rasulullah juga bersabda: "Sesungguhnya salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR. Bukhari dan Muslim)
Kemudian dalam hadis lain, Beliau bersabda: "Barang siapa yang salat Isya berjamaah maka seolah-olah dia telah salat selama separuh malam. Dan barang siapa yang salat subuh berjamaah, maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya. (HR. Muslim) 4.

Salat Dhuha. 360 sendi tulang kita diminta untuk bersedekah kepada Allah setiap hari. Maka cukup bagi seseorang melaksanakan Salat Dhuha untuk memenuhinya. Salat Dhuha juga amalan untuk melapangkan rezeki. Menurut para ulama, salat dhuha dikerjakan ketika matahari naik sepenggalan sampai menjelang Zuhur. Barang siapa mendapati naiknya sepenggalan matahari, maka laksanakanlah salat 2 raka'at.

5. Bersedekah. Tidak ada hari yang dilewatkan Rasulullah SAW tanpa bersedekah. Di dalam Surat Al-Munafiqun ada sebuah pesan agar kita beredekah. Allah Ta'ala berfirman: وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ "Dan infaqkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu. Lalu dia berkata (menyesali), 'Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh'. (Surah Al-Munafiqun ayat 10)

6. Menjaga Wudhu. Agar senantiasa dalam keadaan salat meskipun tidak melakukan salat dan menjaga diri dari perbuatan dosa yaitu berada dalam keadaan suci dari hadas. Awali salat dengan menyempurnakan wudhu dan memperhatikan adab-adabnya.

Halaman:

Editor: H. Subagiyo

Sumber: sindonews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB
X