• Jumat, 27 Mei 2022

Tes Ala Marshmallow Ini Bisa Ketahui Anak Bakal Sukses Atau Tidak, Benarkah?

- Selasa, 28 Desember 2021 | 16:40 WIB
Cara sederhana bisa dilakukan tes ala Marshmallow . (Youtube)
Cara sederhana bisa dilakukan tes ala Marshmallow . (Youtube)

PORTAL SIBER – Sebuah percobaan tes ala Marshmallow rupanya bisa untuk mengetahui apakah seorang anak ini nantinya bisa sukses atau tidak.

Ya, cara sederhana bisa dilakukan tes ala Marshmallow misalnya, jika seorang anak berusia 4-5 tahun ditempatkan di sebuah ruangan, lalu diberikan pilihan untuk mendapatkan 1 marshmallow tapi boleh dimakan langsung, atau menunggu 20 menit tapi dia akan mendapatkan 2 marshmallow.

Nah, kira-kira,anak-anak akan memilih yang mana?. Pertanyaan tersebut bukan sekadar iseng belaka. Keputusan yang diambil anak, bahkan dapat memprediksi apakah kelak dia akan berhasil di masa depan atau tidak.

Baca Juga: Molnupiravir, Obat Covid Ini Akan Dipakai Januari 2022

Percobaan tes ala Marshmallow ini dimulai pada awal 1960-an yang dibuat oleh psikolog, Dr. Walter Mischel. Dr. Mischel pun masih terus mengawasi subjek untuk melihat seperti apa yang akhirnya mereka alami.

Anak-anak yang mampu bersabar dan tidak langsung memakan marshmallow tersebut, ditemukan (selama hidup mereka) memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) yang lebih rendah, tingkat kecanduan yang lebih rendah, tingkat perceraian yang lebih rendah dan nilai SAT yang lebih tinggi.

Buku dr. Mischel berjudul The Marshmallow Test: Mastering Self-Control, menjelaskan alasan mengapa Marshmallow Test, dapat mengungkap kemauan keras, kepuasan yang tertunda, godaan dan tekad dari seorang anak.

Baca Juga: Ponsel Android Lemot, Periksa Others Saja!

Lalu, bagaimana dengan anak-anak yang tidak mampu bersabar dan memutuskan untuk makan marshmallow-nya langsung? Apakah mereka tidak akan berhasil di masa depan? Untungnya tidak selalu demikian.

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Ghazali

Senin, 18 April 2022 | 04:00 WIB

Ucapkan Niat Puasa Ramadhan Berikut Ini Bacaannya

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:03 WIB
X