Diresmikan Presiiden RI, Bendungan Dry di Ciawi dan Sukamahi Pertama di Indonesia

- Jumat, 23 Desember 2022 | 14:06 WIB
Bendungan Dry Dam Ciawi Kabupaten Bogor Diresmikan Presiden RI
Bendungan Dry Dam Ciawi Kabupaten Bogor Diresmikan Presiden RI


PORTAL SIBER.COM - -Bendungan kering atau dry dam Ciawi dan Sukamahi berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, hari ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jumat (23/12).
Presiden Jokowi mengungkapkan, dua bendungan kering ini adalah yang pertama di Indonesia.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan turut mendampingi Presiden Jokowi di Bendungan Ciawi. Selain itu, mendampingi Presiden Jokowi, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi.

Jokowi mengatakan dengan peresmian Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi nanti akan mereduksi dari 464 juta meter kubik menjadi 318 juta meter kubik air yang mengalir dari hulu Ciliwung yang berada di Kabupaten Bogor hingga hilirnya di Jakarta.

“Bendungan ini diprediksi bisa mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya di 12 kelurahan. Bendungan kering ini sudah dimulai pembangunannya mulai 2016, menghabiskan anggaran Rp1,3 triliun,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, dengan diresmikannya bendungan tersebut, Jokowi juga meminta pada Penjabat Gubernur DKI, Gubernur Jawa Barat, saya minta betul agar dituntaskan urusan yang berkaitan banjir di Jakarta secara konsisten. ***

Editor: H. Subagiyo

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bogor

Tags

Terkini

X