• Sabtu, 13 Agustus 2022

Eksepsi Ade Yasin Ditolak, Majelis Hakim Putuskan Sidang Dilanjutkan

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:58 WIB
Sidang kasus dugaan suap auditor BPK Jabar oleh Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin di Pengadilan Tipikor Bandung (M. Nurofik)
Sidang kasus dugaan suap auditor BPK Jabar oleh Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin di Pengadilan Tipikor Bandung (M. Nurofik)

PORTAL SIBER - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung memutuskan menolak eksepsi atau keberatan dari terdakwa Ade Yasin dan kuasa hukumnya dalam sidang kasus dugaan suap auditor BPK Jabar, Senin (1/8/2022).

Sidang dengan agenda Putusan Sela yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Hera Kartiningsih itu, secara tegas menolak eksepsi Ade Yasin dan Kuasa Hukumnya, serta meminta Jaksa KPK untuk melanjutkan persidangan dengan memeriksa terdakwa dan saksi-saksi.

Eksepsi atau keberatan Ade Yasin yang ditolak majelis hakim diantaranya tentang tuntutan dari Jaksa KPK yang dinilai tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap terhadap dakwaan Ade Yasin.

Baca Juga: Sidang Ade Yasin Digelar Hari Ini, Ini Pantauan Kondisi Terkini

"Perbuatan yang telah dilakukan terdakwa, sebagaimana yang telah didakwakan oleh Jaksa KPK, bukanlah pengulangan pidana dan yang sudah mendapat keputusan hakim. Selain itu juga, terdakwa tidak meninggal dunia, dan perkara tersebut bukan perkara yang sudah lewat atau kadaluarsa," kata Ketua Hakim Hera Kartiningsih kepada wartawan.

Lebih lanjut Hera Kartiningsih mengatakan, untuk membuktikan dakwaan apa yang telah didakwakan terhadap Ade Yasin berbeda dengan tindak pidana yang dilakukannya atau perkara tersebut terbukti bukan perkara pidana, namun masuk dalam perdata, maka harus dibuktikan dalam persidangan terlebuh daluhu.

"Sehingga eksepsi atau keberatan kuasa hukum terdakwa agar dakwaan Jaksa KPK tidak diterima oleh Hakim, dinyatakan tidak dapat diterima," tegas Hera Kartiningsih.

Baca Juga: Rena Zaqiah Kembangkan PSHT di Bogor Barat, Ada Manfaat Jaga Fisik dan Stamina dengan Pencak Silat

Hera Kartiningsih mengatakan, menimbang bahwa eksepsi dari terdakwa Ade Yasin tidak dapat diterima, maka pemeriksaan terhadap terdakwa Ade Yasin dapat dilanjutkan oleh Jaksa KPK.

"Menyatakan keberatan atau eksepsi Kuasa Hukum Ade Yasin dinyatakan tidak dapat diterima. Kedua menyatakan pemeriksaan terhadap terdakwa Ade Yasin dilanjutkan dengan mempergunakan surat dakwaan Jaksa KPK, dengan nomor perkara 65/TUT.01.04/24/07/2022 tertanggal 6 Juli 2022 sebagai dasar pemeriksaan perkara ini," katanya. (***)

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X