• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ke Kyiv, Ukraina, Presiden Joko Widodo Ingin Juru Damai Perang

- Rabu, 29 Juni 2022 | 08:31 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Menuju Ukraina
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Menuju Ukraina

PORTAL SIBER -Sebagai negara menganut poltik bebas aktif, tentu bagi Presiden Joko Widodo selalu ingin menjadi juru damai saat sebuah negara tengah berperang. 

Seperti dilakukan Presiden Joko Widodo datang ke negara Rusia - Ulraina tengah berkecamuk di Ukraina konon di invasi oleh Rusia

Namun semangat niat ingin mendamaikan kedua negara Presiden Joko Widodo akan menjadi juru damai kedua negara tengah berseteru. 

Walau berbagai pihak, mengkhawatirkan kepada Joko Widodo atas kunjungan ke negara tengah berperang akan berdampak pada kunjungan kedua negara dengan berbagai kemungkinan perang senjata tersebut. 

Kendati demikian, semangat sebagai presiden dengan politik bebas aktif ingin menujukkan kepada dunia bahwa perang bawa dampak luas selain korban jiwa, kemanusian, ekonomi, politik, dan tidak menutup kemungkinan terjadi krisis di pangan dan krisis dunia. 

Berangkat dari sinilah Presiden Indonesia Joko Widodo ingin menujukkan dunia perdamaian adalah sebuah harapan dan cita-cita bangsa di seluruh dunia. 

Karena Joko Widodo, kemarin (Selasa (28/6/2022) berangkat dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, kereta yang membawa Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas berangkat menuju Kyiv di Ukraina tepat pada pukul 21.15 waktu setempat, Selasa, 28 Juni 2022.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menggunakan Kereta Luar Biasa yang disiapkan oleh Pemerintah Ukraina sebagaimana digunakan pula oleh pemimpin negara yang berkunjung ke Ukraina beberapa waktu lalu. 

Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiev, ibu kota Ukraina keesokan harinya. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.***

Editor: H. Subagiyo

Sumber: biro pers informasi sekretariat presiden

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X