• Rabu, 7 Desember 2022

 Tak Perlu Studi Banding, Kementerian Desa Justeru Latih Pengelola BUMDes

- Kamis, 19 Mei 2022 | 07:00 WIB
Kementerian Desa gelar pelatihan untuk pengelola BUMDes (IST/Portal Siber)
Kementerian Desa gelar pelatihan untuk pengelola BUMDes (IST/Portal Siber)

PORTAL SIBER - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menginginkan pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tak perlu studi banding.

Kementerian Desa justeru berupaya memberikan pelatihan pengelolaan BUMDes seperti 30 pengelola BUMDes dari Kecamatan Cigombong, Cijeruk dan Caringin di ruang aula Kantor Kecamatan Cijeruk mulai Rabu hingga Selasa pekan depan (18 hingga 23 Mei 2022).

Baca Juga: Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur Diamankan Polres Bogor

Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPPMD) Jakarta, Lalu Syamsul Hakim menjelaskan, pelatihan pengelolaan BUMDes dari Kementerian Desa untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan BUMDes, maka peserta yang mengikuti pelatihan adalah merupakan manajer dan juga bendahara BUMDes,dengan materi pelatihan bagaimana cara pengelolaan agar baik.

"Pelatihan berupa materi bagaimana cara penguatan regulasi, pendiriannya dan mengelola BUMDes dengan baik, juga registrasi unit usaha yang berbadan hukum. Jika Bumdes sudah berbadan hukum tentunya kedepan bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. Selain itupun bisa memberikan materi pembukuan yang baik dan benar,” paparnya.

Baca Juga: Lagi, 9 PNS Kabupaten Bogor Digarap KPK Perdalam Kasus Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin

Pelatihan selama enam hari sehingga seluruh peserta dapat mengelola BUMDes dengan baik, dan dapat merangkul pihak ketiga. Hasil pelatihan dapat menyampaikan atau memberikan ilmu pengelolaan BUMDes kepada pengelola lainnya.

"Bagi mereka telah mengikuti pelatihan tentunya dapat menyampaikan ke BUMDes lain, jadi tidak perlu lagi adanya studi banding ke luar daerah, karena semua itu akan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Makanya dipelatihan ini akan kita angkat juga Sumber Daya Manusianya dan sumber alamya yang ada di sekitar kita, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," jelasnya.

Baca Juga: CGMPB Desak KPK Panggil Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor, Begini Alasannya

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X