• Jumat, 27 Mei 2022

Manfaat Arang Bagi Tanaman, Salah Satunya Bisa Menyerap Bau

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:17 WIB
Ada manfaat arang bagi tanaman sehingga perlu dijadikan campuran media tanam.  (Youtube)
Ada manfaat arang bagi tanaman sehingga perlu dijadikan campuran media tanam. (Youtube)

 

PORTAL SIBER – Jika selama ini keberadaan arang masih terabaikan, maka mulai saat ini pakailah arang untuk media tanam untuk peroleh manfaat arang bagi tanaman.

Salah satunya, arang dapat menyerap bau dari gas beracun di udara atau dalam tanah agar kita merasa nyaman dekat dengan tanamam

Dikutip dari akun Youtube Alam Organik, berbagai jenis arang seperti arang kayu, tempurung kelapa, sekam padi dan arang lainnya berguna di dunia pertanian.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Ini Dia Curug Cikaung dan Cidurian Tempat Wisata Bogor Untuk Melepas Lelah

Arang sendiri adalah residu tau sisa pembakaran hewan atau tumbuhan yang bermwarna hitam dan berisi karbon tidak murni serta tidak mengandung air. Arang mengandung unsur karbon, unsur hara dan benda kimia.

Khusus untuk arang sekam, arang ini mengandung silica (Si) 16,98 persen, silica untuk memperkuat batang yang mudah rapuh.

Selain menyerap bau, arang dapat menicptakan kegemburan tanah karena memiliki rongga udara yang memungkinkan sirkulasi udara dan air dalam tanah.

Baca Juga: Mengenal Alat Musik Angklung dan Jenisnya, Salah Satunya Ada Di Cigudeg

Arang bisa menetralkan keasaman tanah (PH) atau juga bias meningkatkan PH tanah. Arang bisa menyimpan air sehingga menjaga kelembababan tanah.

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Akan Terasa Ringan Jika Lakukan Hal Ini

Senin, 4 April 2022 | 04:00 WIB
X