Pemilu 2024, Partai Demokrat Tolak Penerapan Sistem Proporsional Tertutup

- Sabtu, 31 Desember 2022 | 06:01 WIB
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bogor Dede Chandra (M. Nurofik)
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Bogor Dede Chandra (M. Nurofik)

PORTALSIBER, Cibinong - Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor Dede Candra Sasmita menolak tegas wacana penerapan sistem Proporsional Tertutup pada Pemilu 2024.

Menurut Dede Chandra Sasmita, penerapan sistem Proporsional Tertutup tersebut adalah bentuk pengkhianatan bagi demokrasi.

“Menurut saya, sistem Proporsional Terbuka adalah kemajuan esensial dalam demokrasi kita. Kerugian konstitusional yang dikeluhkan justru lebih besar apabila diterapkan sistem Proporsional Tertutup,” kata Dede Candra Sasmita, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga: Jelang Nataru , Forkopimda Road Show Cek Pospam , Bagikan Vitamin Petugas Pengamanan

Lebih lanjut Dede Chandra Sasmita mengatakan, sebagai seorang calon legislatif, pihaknya merasa hak konstitusionalnya dilaksanakan secara penuh ketika bisa mengkampanyekan dirinya sebagai individual wakil rakyat.

Selain itu, bagi para pemilih akan lebih puas ketika dirinya mencoblos orang yang memang diinginkannya untuk menjadi wakilnya di parlemen.

“Kompetisi antar caleg itu bagus untuk memperkuat sistem merit dalam perekrutan anggota legislatif. Siapa yang punya rekam jejak, pemikiran dan kerja yang bagus, akan dipilih rakyat,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Nataru, Presiden Jokowi Bersama Plt Bupati Bogor Mengecek Harga di Pasar

Dede Chandra Sasmita meyakini betul bahwa sistem Proporsional Terbuka sudah sesuai dengan keinginan pembentuk undang-undang dan tidak memiliki kelemahan konstitusional.

Dia meyakini, Mahkamah Konstitusi (MK) akan konsisten mempertahankan keyakinan yang sama ketika memutus gugatan pemohon yang ingin mengembalikian sistem Proporsional Tertutup.

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Rumah Pasutri Warga Jasinga Butuh Bantuan

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:36 WIB

KPU Kabupaten Bogor, Gelar Pemutahiran Data Pemilih

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:16 WIB
X