Bawaslu Rapat Koordinasi Wacana Perubahan Dapil Pemilu 2024

- Rabu, 14 Desember 2022 | 17:16 WIB
Bawaslu Kabupaten Bogor Rapat Koordinasi Rencana Perubahan Dapil Pemilu Tahun 2024
Bawaslu Kabupaten Bogor Rapat Koordinasi Rencana Perubahan Dapil Pemilu Tahun 2024


PORTAL SIBER.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor Irfan Firmansyah mengungkapkan, rapat koordinasi dengan sejumlah partai peserta pemilu dan ormas serta wartawan bertujuan untuk memberikan wacana perubahan Daerah Pemilihan (Dapil), di Hotel M-One, Rabu (14/12/22).

"Isu wacana perubahan Dapil pada pemilu mendatang untuk disosialisasi kepada masyarakat agar memberikan masukan untuk diusulkan ke KPU pusat Jakarta, " kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irfan Firmansyah, di hadapan peserta rapat koordinasi dalam rangka untuk memberikan masukan isu perubahan Dapil di Kabupaten Bogor.

Karena itu, ia menekankan kepada peserta rapat koordinasi berjumlah 50 dari unsur partai, ormas dan media bisa memberikan masukan untuk diusulkan ke KPU pusat.
"Usulan atau aspiransi dari partai peserta pemilu, ormas, media, dan masyarakat terkait perubahan Dapil sepenuhnya keputusan KPU pusat, " jelasnya.

Sementara, KPU Kabupaten Bogor devisi sosialisasi pemilu, Yana menjabarkan, rencana perubahan sesuai dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 488 Tahun 2022 sebagai pedoman teknis penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Tentu juga harus mengetahui, ungkap Kang Yana panggilan akrabnya, apa itu Dapil daerah pemilihan anggota DPRD Kabupaten/Kota yang
selanjutnya disebut Dapil adalah kecamatan atau gabungan
kecamatan atau bagian kecamatan yang dibentuk sebagai
kesatuan wilayah/daerah berdasarkan jumlah Penduduk.

Hal itu, menurutnya, untuk
menentukan alokasi kursi sebagai dasar pengajuan calon oleh
pimpinan partai politik dan penetapan calon terpilih anggota pilih anggota DPRD Kabupaten/Kota. (PKPU 6TAHUN 2022).

Selain itu, lanjut kang Yana, harus melalui prinsip-prinsip penataan daerah pemilihan yakni, kesetaraan suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, coterminus , kohesivitas, integralitas wilayah, dan kesinambungan.

Rencana perubahan didasarkan Undang-Undang No, 7 Tahun 2017 soal pemilu, tentang perubahan Dapil, namun tidak menambah jumlah kursi tetap calon legislatif 55 anggota dewan. Seperti di wilayah Kabupaten Bogor.

Namun sebagian peserta peserta pemilu, rencana perubahan Dapil di Kabupaten Bogor, sebagian besar tidak setuju.

Mengingat selama ini mereka telah berupaya melakukan pendekatan di masing-masing wilayah Dapil.

Halaman:

Editor: H. Subagiyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Rumah Pasutri Warga Jasinga Butuh Bantuan

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:36 WIB

KPU Kabupaten Bogor, Gelar Pemutahiran Data Pemilih

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:16 WIB
X