Musibah Gempa Bumi di Cianjur, Belasan Rumah Ambruk di Cisarua Puncak

- Rabu, 23 November 2022 | 10:58 WIB
Musibah Gempa di Cianjur Sebanyak 15 di Cisarua Kabupaten Bogor Rubuh  ( )
Musibah Gempa di Cianjur Sebanyak 15 di Cisarua Kabupaten Bogor Rubuh ( )


PORTAL SIBER.COM - Musibah gempa bumi di Cianjur juga terdampak di wilayah perbatasan Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, belasan rumah mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Dimana, belasan rumah di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor rusak, dua diantaranya ambruk, akibat gempa bumi Magnitudo 5,6, yang terjadi Senin 21 November 2022, yang berpusat di Cianjur.

Kondisi sangat memprihatinkan tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, yang dilanda gempa bumi Magnitudo 5,6.Camat Cisarua, Kabupaten Bogor, Ivan Pramudia menyebutkan, sebanyak 15 rumah di empat desa mengalami kerusakan. Dua diantaranya rusak berat karena ambruk. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

“Kita ketahui kemarin ada gempa di Cianjur. Dan di Cisarua terdampak ada empat desa, yakni Desa Cibeureum, Tugu Utara, Tugu Selatan dan Citeko. Yang terparah itu di Desa Cibeureum, Kampung Baru Tegal, satu rumah ambruk. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ungkap Ivan, usai melakukan evakuasi rumah Nana Sumarna di Kampung Baru Tegal RT 001 RW 008, Desa Cibeureum, Selasa 22 November 2022.

Evakuasi rumah yang ambruk di Desa Cibeureum itu, selain dilakukan jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Cisarua, Desa Cibeureum, juga para relawan yang terdiri dari Tagana, sejumlah Organisasi Massa (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), dan Pramuka.Dijelaskan Camat Cisarua, rumah yang terdampak gempa Cianjur ada 15 Rumah, 2 diantaranya ambruk, yakni di Desa Cibeureum.

Sedangkan 13 rumahnya mengalami kerusakan sedang dan ringan. Lantaran tembok yang ambruk atau roboh dan keretakan pada tembok.

"Saat ini kita sedang inventarisir untuk seluruh kerugian dan sudah kita laporkan dan koordinasikan. Agar BPBD segera menindaklanjutkan. Mudah-mudahan tidak ada lagi gempa susulan,” jelasnya.

Menurut Ivan saat ini korban-korban yang rumahnya ambruk, sementara mengungsi di rumah saudara atau kerabatnya yang terdekat.

Sementara mereka mengungsi di rumah saudara-saudaranya yang terdekat. Mereka juga mendapat bantuan darurat berupa logistik untuk kebutuhannya,” tandas Camat Cisarua. ***

Editor: H. Subagiyo

Sumber: Kecamatan Cisarua Bogor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tolong, Rumah Pasutri Warga Jasinga Butuh Bantuan

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:36 WIB

KPU Kabupaten Bogor, Gelar Pemutahiran Data Pemilih

Jumat, 23 Desember 2022 | 21:16 WIB
X