• Sabtu, 13 Agustus 2022

Soal PTSL Di Desa Cinangneng, Aktivis Limbo Minta Saber Pungli Turun Tangan

- Minggu, 24 Juli 2022 | 13:35 WIB
Aktivis LIMBO, Dede Jujun minta Saber Pungli telisik dugaan pungli di PTSL Desa Cinangneng (ILHAM ARY)
Aktivis LIMBO, Dede Jujun minta Saber Pungli telisik dugaan pungli di PTSL Desa Cinangneng (ILHAM ARY)

PORTAL SIBER - Pengurusan sertifikat tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Desa Cinangneng, Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor membuat aktivis Lingkar Masyarakat Kabupaten Bogor (LIMBO) geram.

Pasalnya, adanya oknum pemerintah Desa Cinangneng yang diduga memanfaatkan program PTSL untuk dijadikan ajang bisnis semata.

Menurut Ketua LIMBO Dede Jujun, oknum yang memanfaatkan progam PTSL tersebut seharusnya ditindak lanjuti oleh Aparat Penegak Hukum, agar segera memanggil dan menginterogasi orang yang bersangkutan.

Baca Juga: Rawat Jalan Samisade, Warga Kampung Tamansari Giat Gotong Royong Bersihkan Rumput Pinggir Jalan

"Kalau sepengetahuan saya, ketika memang ada indikasi pungutan liar (Pungli) apalagi misalkan orang yang melakukannya itu mengakui, berarti harus ada peninjauan langsung ke lapangan dan melakukan pemeriksaan," ujar Dede Jujun, saat ditemui di Kawasan Pemda Cibinong, Jum'at (22/07/2022)

Lebih lanjut Dede Jujun menyesalkan adanya orang-orang yang memanfaatkan jabatan untuk dijadikan ajang usaha pribadi dan kerabat dekatnya saja.

"Kalau menurut saya harus profesional. Kalau memang bicara keadilan, jangan hanya memikirkan satu golongan saja. Namun hari ini yang kita lihat faktanya seperti itu," tegas Dede Jujun.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Koramil Cigudeg Bagikan Paket Sembako Pada Yatim dan Jompo

Dede Jujun mengatakan, seharusnya pihak Aparat Penegak Hukum bisa turun tangan untuk melakukan penyelidikan berkaca pada aduan dari masyarakat.

"Sesuai aturan, untuk program PTSL ini warga hanya dipungut Rp 150 ribu per berkas. Namun faktanya ada yang diminta dengan nominal jutaan. Di sini Aparat Penegak Hukum seharusnya sudah bisa turun tangan," katanya.

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hujan Deras, Hotel Sayaga Wisata Dikepung Banjir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:37 WIB

Lagi, Si Jago Merah Lalap Satu Rumah Warga Jasinga

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:37 WIB

DBD Serang Warga Sukajaya, Lima Orang Dirawat

Selasa, 2 Agustus 2022 | 06:50 WIB
X