• Sabtu, 13 Agustus 2022

Kaki Gunung Cianten Mengamuk, Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah Warga Bogor

- Jumat, 24 Juni 2022 | 06:54 WIB
Warga Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor membersihkan lumpur bekas banjir bandang dari Sungai Cisarua (ANDI SUPRIHADI)
Warga Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor membersihkan lumpur bekas banjir bandang dari Sungai Cisarua (ANDI SUPRIHADI)

PORTAL SIBER - Di area perbukitan menjulang, Kampung Cisarua tidak lagi asri. Rabu (22/06/22) sore, sekitar pukul 18:00 WIB, perkampungan padat penduduk di dua RW lumpuh, akibat diterjang banjir bandang yang meluluhlantahkan dua RW tersebut.

Saat banjir bandang datang, air bah dari Sungai Cisarua itupun masuk ke dalam rumah warga. Saat itu, selepas magrib, sempat ada warga yang pingsan, lantaran banjir bandang tersebut baru terjadi lagi selama 41 tahun lalu.

"Dulu sempat banjir bandang kampung ini, tahun 1982. Tapi yang paling parah tahun 2022," kata Nasim (50) warga Kampung Cisarua RT04/06, Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Banjir Bandang di Leuwiliang, Camat Daswara Sulanjana Menduga Ini Salah Satu Penyebabnya 

Selain setinggi satu meter lumpur pasir, perabotan dapur milik wargapun ikut hanyut dan terendam lumpur yang tidak beraturan. Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat pun banyak mengalami kerusakan, hingga tertimpa puing dari reruntuhan rumah.

"Puluhan motor banyak yang hanyut, bahkan ada yang tertimbun pasir. Selain itu juga ada beberapa mobil yang hanyut dan rusak, jumlahnya belum kehitung," jelas Nasim.

Nasim sendiri pasrah melihat kondisi yang memperhatinkan tersebut. Terlebih rumah yang ia tempati terkena lumpur setinggi satu meter.

Baca Juga: Bencana Tanah Longsor Di Cibunian, 2 Orang Tertimbun, Satu Orang Ditemukan Meninggal

Saat intensitas curah hujan tinggi, banjir bandang itu datang sekitar pukul 17:00 WIB. Namun datang lagi seusai lepas magrib, saat itu tidak naik ke permukiman warga.

"Namun saat pukul 19:00 WIB, air itu bergemuruh dan langsung menerjang rumah warga. Bahkan banyak warga yang pingsan melihat bencana ini," kata Nasim.

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Terkini

Hujan Deras, Hotel Sayaga Wisata Dikepung Banjir

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:37 WIB

Lagi, Si Jago Merah Lalap Satu Rumah Warga Jasinga

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:37 WIB

DBD Serang Warga Sukajaya, Lima Orang Dirawat

Selasa, 2 Agustus 2022 | 06:50 WIB
X