• Sabtu, 25 Juni 2022

UPT Wilayah VI Cigudeg Mulai Bangun Tembok Penahan Tebing Jalan Panjaungan Yang Ambruk

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:34 WIB
Perbaikan jalan dan TPT Cigudeg (ANDI SUPRIHADI)
Perbaikan jalan dan TPT Cigudeg (ANDI SUPRIHADI)

PORTAL SIBER - Pengikisan air yang mengakibatkan longsor tebing di ruas jalan Panjaungan, Nanggung, Curugbitung, di Wilayah Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, mulai mendapat perhatian dari Pemkab Bogor.

Melalui UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI Cigudeg, mulai dibangun Tembok Penahan Tebing .

Pengamat Jalan UPT wilayah Cigudeg, H. Idris mengatakan, pekerjaan tersebut sebagai tindakan tanggap darurat.

Baca Juga: Bikin Geger, Babi Hutan Masuk Pemukiman Warga Di Cigudeg 

"Jadi pekerjaan ini penanggulangan bencana alam, akibat kebocoran saluran air dari gorong-gorong lama yang mengakibatkan ambruknya Tembok Penahan Tebing di sisi aliran sungai sepanjang 14 meter dan tinggi 6 meter. Maka dari itu langsung kita tangani, takutnya berdampak ke pengikisan ke badan jalan" kata H. Idris, Jum'at (20/5/2022).

Lebih lanjut H. Idris pun menjelaskan, ambruknya tebing tersebut hingga harus diperbaiki dikarenakan ada beberapa faktor.


"Yang jelas, ini disebabkan adanya kebocoran air dari gorong-gorong yang ambruk, karena itu pemasangan bata. Memang bangunannya sudah puluhan tahun sejak zaman Belanda. Maka dari itu, yang dikerjakan diantaranya pemasangan Tembok Penahan Tebing dan Box Cover berukuran 1 X1 meter sebanyak 7 pcs dan saluran air," jelasnya

 Baca Juga: Salah Injak Pedal Gas, Mobil di Tenjo Bogor Tabrak Pembatas Parkir PT KAI

Sedangkan untuk anggaran, UPT Jalan dan Jembatan Wilayah VI Cigudeg menyebutkan menggunakan dana talangan.

"Karena ini sifatnya penanggulangan bencana alam, makanya untuk anggarannya kita tanggulangi dulu. Setelah itu kita cek habisnya berapa, baru nanti kita usulkan. Baru turunlah biaya atau anggaran. Untuk progres pekerjaan, seharusnya sesuai yang ditargetkan 10 hari. Namun karena terkendala cuaca, akhirnya tidak sesuai yang ditargetkan. Mudah-mudahan setelah selesai, lalu lintas dapat lancar kembali seperti biasanya," tutup H. Idris. (***)

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Medsos Diajak, Bantu Program Pemkab Bogor

Kamis, 23 Juni 2022 | 00:04 WIB

Finalis 10 Leader Talk, Unjuk Gigi Adu Keahlian

Senin, 20 Juni 2022 | 16:43 WIB
X