• Rabu, 7 Desember 2022

Kejari Kabupaten Bogor Luncurkan Rumah Restorative Justive, Selesaikan Perkara Hukum Gunakan Metode Mediasi

- Kamis, 19 Mei 2022 | 05:15 WIB
Kejari Kabupaten Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Mukti  untuk penyelesaian perkara hukum (ist/Portal Siber)
Kejari Kabupaten Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Mukti untuk penyelesaian perkara hukum (ist/Portal Siber)

PORTAL SIBER - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor meluncurkan Rumah Restorative Justice di Desa Pasir Mukti Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Rabu (18/5/2022).

Rumah Restorative Justice ini sendiri menjadi tempat untuk menyelesaikan perkara hukum dengan cara mediasi dan permufakatan antar pihak.

Rencananya, Rumah Restorative Justice ini juga akan dibangun di desan dan kecamatan lainnya yang ada di wilayah hukum Kejari Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur Diamankan Polres Bogor

"Peluncuran Rumah Restorative Justice ini jadi percontohan awal kami. Dan kami akan bentuk lagi Rumah Restorative Justice di desa lainnya, dan bahkan di Komplek Kantor Pemkab Bogor di Cibinong," kata Kajari Kabupaten Bogor Agustian Sunaryo kepada wartawan.

Lebih lanjut Agustian Sunaryo mengatakan jika tidak semua perkara hukum bisa diselesaikan dengan metode restorative justice.

Ada beberapa persyaratan agar sebuah perkara hukum bisa diselesaikan melalui metode restorative justice ini.

Baca Juga: Lagi, 9 PNS Kabupaten Bogor Digarap KPK Perdalam Kasus Bupati Bogor Nonaktif Ade Yasin

"Tidak semua perkara hukum bisa diselesaikan melalui pendekatan Restorative Justice, ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu," jelas Agustian Sunaryo.

Agustian Sunaryo menerangkan, perkara hukum yang bisa diselesaikan melalui jalur restorative justice, syaratnya diantaranya pelaku bukan residivis, kerugian korban kurang dari Rp 5 juta, dan ancaman pidananya di bawah 5 tahun penjara.

Halaman:

Editor: M. Nurofik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Nanggung Salurkan BLT Dana Desa Pada 164 KPM

Rabu, 30 November 2022 | 12:01 WIB

Polsek Dramaga Polres Bogor Amankan Pengedar Narkoba

Sabtu, 26 November 2022 | 17:44 WIB

Warga Apresiasi Polres Bogor Terus Berikan Bantuan

Jumat, 25 November 2022 | 15:21 WIB

ICMI Orsat Kecamatan Nanggung Resmi Dilantik

Jumat, 25 November 2022 | 09:45 WIB
X