• Jumat, 27 Mei 2022

Dua Kecamatan yang Kena Banjir Bandang dan Longsor di Kabupaten Bogor Segera Dapat Kucuran Huntap Lagi

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:39 WIB
Korban bencana banjir bandang dan longsor  akan segera dibangun huntap (Portal Siber)
Korban bencana banjir bandang dan longsor akan segera dibangun huntap (Portal Siber)

PORTAL SIBER –  Pemerintah Kabupaten Bogor akhirnya berupaya menyelesaikan bangunan hunian tetap (huntap) untuk rumah korban bencana Banjir Bandang dan Longsor di tiga kecamatan di wilayah Bogor Barat pada awal tahun 2020.

Pada bencana Banjir Bandang dan Longsor, sebanyak 3000 rumah atau kepala keluarga harus dipindahkan karena terisolasi dan kondisi tanah yang ditidak memungkinkan ditempati serta rawan longsor susulan.

Baca Juga: Hanjeli, Tanaman Pengganti Padi yang tak Miliki Nilai Ekonomis, Tapi Jadi Alternatif Pangan Bergizi

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan atau DPKPP Kabupaten Bogor menyebutkan, sebanyak 3000 lebih keluarga yang dipindahkan ke hunian sementara (huntara) akibat Banjir Bandang dan Longsor yang berada di Kecamatan Cigudeg, Sukajaya dan Nanggung, kini pembangunan huntap tahun 2022 akan segera dimulai dan dipastikan selesai pada 2024.

"Perencanaan kegiatannya sudah ada.467 unit dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) selain itu kita dari dana APBD Kabupaten itu kalo tadi kan BPBD ya, dari dana Kabupaten 142 unit di kecamatan Sukajaya di Desa Cisarua dan Cileuksa," kata Kepala Bidang Perumahan DPKPP Kabupaten Bogor, Dede Armansyah, Jumat (13/05/2022).

Baca Juga: Kasus Ade Yasin, Pejabat Disdik Kabupaten Bogor Ini Dipanggil KPK

“Total kebutuhan pengungsi kalau Sukajaya dan Cigudeg kita kurang lebih dinamis itu sudah 2 tahun lewat semenjak bencana, kita membutuhkan kurang lebih 2500 unit rumah yang di Sukajaya dan Cigudeg. Adapun di Kecamatan Nanggung itu yang harus bangun diperbaiki 1200. Hasil rakor bulan lalu kita diberikan arahan penanganan korban bencana harus selesai paling lambat 2024 artinya tahun depan harus ada progres mengingat kepala keluarga yang 3000 harus disegerakan dibangun huntap.”

Sedangkan untuk percepatan ditengah-tengah keterbatasan anggaran, kata Dede Armansyah akan melakukan beberapa skema. Huntap yang berada di Cisarua  akan melakukan pola relokasi dengan bantuan sosial (bansos) relokasi mandiri.

Baca Juga: Proyek RSUD Bogor Utara Diprotes Aktivis Mahasiswa dan Pemuda

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

164 KPM Desa Nanggung Terima BLT Dana Desa

Rabu, 25 Mei 2022 | 04:03 WIB
X