• Jumat, 27 Mei 2022

Bogor Timur Dikelilingi Lahan Pertanian, Warga Botim Ingin Ada SMKN Pertanian

- Selasa, 4 Januari 2022 | 22:44 WIB
Sekolah atau lembaga pendidikan berbasis pada pengembangan lahan pertanian seperti SMKN Pertanian sangat diinginkan warga Bogor Timur alias Botim. (Youtube)
Sekolah atau lembaga pendidikan berbasis pada pengembangan lahan pertanian seperti SMKN Pertanian sangat diinginkan warga Bogor Timur alias Botim. (Youtube)

PORTAL SIBER – Adanya sekolah atau lembaga pendidikan berbasis pada pengembangan lahan pertanian seperti SMKN Pertanian sangat diinginkan warga Bogor Timur alias Botim.

Keinginan akan SMKN Pertanian ini bukan tanpa alasan. Sebab Botim masih memiliki lahan pertanian yang luas tersebar di wilayah Kecamatan Jonggol, Cariu, Tanjungsari dan Kecamatan Sukamakmur.

“Jika SMKN Pertanian  bisa berdiri di wilayah Botim, maka para siswa lulusannya ini akan dididik secara trampil di bidang pertanian. Para lulusannya nanti dapat menjadi pemikir-pemikir intelektual cara pengelolaan lahan agar menjadi lahan produktif untuk menunjang kesejahteraan masyarakat,” kata salah satu warga Bogor Timur H.Akmal.

Baca Juga: RAMALAN ZODIAK Gemini besok Rabu, 5 Januari 2022: Pasangan Anda tanpak terpesona

Ia mengatakan, kecenderungan di Botim  khususnya  di Kecamatan Jonggol saat ini para lulusan SMA maupun perguruan tinggi cenderung hanya mengharapkan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Padahal kuota ASN yang disediakan pemerintah sangat terbatas. Kondisi ini mengakibatkan banyak terjadinya pengangguran, karena tidak semua lulusan dapat diterima jadi ASN.

“Sekali lagi, sekolah kejuruan itu untuk mengakomodasi para generasi muda  di wilayah Botim agar mendapatkan pendidikan yang terkoneksi dengan kebutuhan di daerahnya, sehingga setelah mereka lulus diharapkan tak ada yang menjadi penggangguran, tetapi bisa terjun langsung. Dengan adanya lahan pertanian tersebut  guna  mempercepat peningkatan kesejahteraan,” papar Akmal.

Baca Juga: RAMALAN ZODIAK Taurus besok Rabu, 5 Januari 2022: Mulai berpikir serius mencari jodoh

Menurutnya, selama ini masyarakat Botim sudah mengelola lahan-lahan yang secara tradisional untuk kelangsungan hidup mereka, dan belajar secara otodidak tanpa disertai pelatihan - pelatihan.

"Jika SMKN Pertanian ini dapat didirikan di Botim , maka ditargetkan dapat menjadi pusat pengembangan pendidikan di bidang pertanian yang menghasilkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang pertanian," jelasnya.**

Halaman:

Editor: Asep Saepudin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

164 KPM Desa Nanggung Terima BLT Dana Desa

Rabu, 25 Mei 2022 | 04:03 WIB
X